Minggu, 09 Desember 2012

MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA KELAS : V SD STANDAR KOMPETENSI : 11. Mengapresiasi Karya Seni Musik Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 11.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara Ragam lagu daerah Nusantara 1.Mengidentifikasi berbagai lagu daerah Nusantara 2. Menyebutkan ragam lagu daerah Nusantara 3. Menghafal beberapa lagu daerah Nusantara 4. Menyajikan beberapa lagu daerah 1. Mengidentifikasi berbagai lagu daerah Nusantara 2. Menyebutkan ragam lagu daerah Nusantara Menghafal beberapa lagu daerah Nusantara 4. Menyajikan beberapa lagu daerah 1.Teknik : tes tulis dan lisan 2.Bentuk : Isian dan uraian 3.Instrumen : Lembar kerja siswa (LKS) 4 JP X 35 Menit 1.Buku Paket SBYKL 2.Buku Pegangan Guru dan Pedoman lain 11.2 Menjelaskan Makna Ansambel gabungan Ansambel gabungan 1.Menyimak penjelasan makna 2.Menyimak penjelasan ragam ansambel 3.Memahami makna ansambel gabungan 1.Menyebutkan makana ansambel Menunjukkan ragam jenis ansambel 2.Menjelaskan makna ansambel gabungan 1.Teknik : tes tulis dan lisan 2.Bentuk : isian dan uraian 3.Instrumen : Lembar Kerja Siswa (LKS) 4 JP X 35 Menit 1.Buku Paket SBYKL 2.Buku pegangan Guru dan pedoman lain 11.3Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara 1.Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara 2.Menyimak lagu dengan baik 3.Menhafal dan menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara 1.Mengapresiasi beberapa musik/ lagu wajib dan daerah Nusantara 2.Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik 1.Teknik : Praktek 2.Bentuk : Hasil karya 2 JP X 35 Menit 1.Buku Paket SBYKL 2.Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3.Model karya seni rupa dua dimensi/tiga dimensi i STANDART KOMPETENSI : 12. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Musik Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar 12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan Praktek ansambel 1.Mengamati alat musik ritmis dan melodis sederhana 2. Menyimak penjelasan tentang cara memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana 3. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan 1.Mengenal alat musik ritmis dan melodis sederhana 2. Menjelaskan cara memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana 3. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana 1. Teknik : Praktek 2. Bentuk : Hasil Karya 4 JP X 35 Menit 1.Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Alat musik 4. Kaset musik/ lagu 5. Gambar/ foto 12.2 Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk di pentaskan d kelas atau di sekolah Praktek ansambel 1.Membentuk kelompok latihan (setiap kelompok latihan terdiri dari kelompok penyanyi dan kelompok pengiring ) 2. Mengkuti petunjuk dan bimbingan guru dalam berlatih 3. Siswa latihan dengan baik tanpa bimbingan dan petunjuk dari guru 1. Melakukan latihan persiapan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana 1. Teknik : Praktek dan perbuatan 2 JP X 35 Menit 1.Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Alat musik 4 .Kaset musik/lagu 12.3 Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah Praktek ansambel 1. Mementaskan pertunjukan secara bergiliran sesuai dengan kelompok dan lagu yang di nyanyikan 1. Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah 1. Teknik : Praktek 2. Bentuk : Hasil Karya 3. Instrumen : Lembar pengamatan 2 JP X 35 Menit 1.Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Alat musik ii STANDART KOMPTENSI : 13. Mengapresiasi Karya Seni Tari Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 13.1 Mengidentifikasi gerak busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain Tari bertema 1. Mengidentifikasi gambar,foto,film, atau model tentang gerak,busana,dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain 2. Mengidentifikasi gerak busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain 3. Menyebutkan kelengkapan tari Nusantara daerah lain 1. Menunjukkan gambar,foto,film atau model tentang gerak,busana,dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain 2. Mengidentifikasi gerak,busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain 3. Menyebutkan kelengkapan tari Nusantara daerah lain 4. Membedakan gerak tari Nusantara daerah lain 1. Teknik : tes tulis dan lisan 2. Bentuk : isian dan uraian 3. Instrumen : Lembar Kerja Siswa ( LKS ) 4 JP X 35 Menit 1. Buku Paket SBYKL 2. Buku Pegangan Guru dan pedoman lain 3. Gambar/ Foto 4. Film Dokumentar 13.2 Menampilkan sikap Apresiatif tentang keunikan gerak,busana dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain Apresiasi tari 1. Mengamati gambar,foto,atau model tentang gerak,busana,dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain 2. Mengidentifikasi keistimewaan dan keunikan karya seni tari daerah lain 3. Mengapresiasikan keunikan dan keistimewaan gerak,busana,dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain 1. Menunjukkan gambar,foto,film,atau model tentang gerak,busana dan perlengkapan seni tari daerah lain 2. Mengidentifikasi keistimewaan dan keunikan karya seni tari daerah lain 3. Mengapresiasi keunikan dan keistimewaan gerak,busana dan perlengkapan seni tari daerah lain 1. Teknik : Tes tulis dan Lisan 2. Bentuk : Isian dan Uraian 3. Instrumen : Lembar Kerja Siswa ( LKS ) 2 JP X 35 Menit 1. Buku Paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Gambar/Foto 4. Film Dokumentar iii Kompeensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 13.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain Aprersiasi tari daerah 1. Mengamati ilustrasi gambar,foto,film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 2. Mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 3. Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 1. Mmenjelaskan gambar,foto,atau film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 2. Mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 3. Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 1. Tekik : tes tulis dan lisan 2. Bentuk : isian dan uraian 3. Instrumen : Lembar Kerja Siswa ( LKS ) 4 JP X 35 Menit 1. Buku Paket SBYKL 2. Buku Pegangan Guru dan pedoman lain 3. Gambar / Foto 4. Film Dokumentar iv STANDART KOMPETENSI : 14. Mengekspresikan Diri Melalui Seni Tari Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 14.1 Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan Penampilan tari daerah 1. Membentuk kelompok latian 2. Mengikuti petunjuk dan bimbingan Guru dalam berlatih 3. Siswa latihan dengan baik tanpa bimbingan dan petunjuk dari Guru 1. Melakukan persiapan pementasan tari Nusantara daerah lain dengan iringan 4 JP X 35 Menit 1. Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Kaset musik /Lagu 4. Film Dokumentar 14.2 Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan Penampilan tari daerah 1. Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan 1. Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan 1. Teknik : Praktek 2. Bentuk : Hasil Karya 3. Instrumen 2 JP X 35 Menit 1. Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Kaset musik /Lagu 4. Film Dokumentar 14.3 Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari Penampilan tari daerah 1. Membuat kelompok sesuai dengan materi tarian yang di kuasai 2. Mementaskan secara berrgiliran sesuai dengan kelompok dan tarian yang di kuasai 1.Membuat kelompok siswa sesuai dengan materi tarian yang di kuasai 2.Mementaskan beberapa tarian Nusantara daerah lain 1.Teknik : Praktek 2.Bentuk : Hasil Karya 3.Instrumen 2 JP X 35 Menit 1. Buku paket SBYKL 2. Buku pegangan Guru dan pedoman lain 3. Kaset musik / Lagu v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar